BCA dan Internet Banking

3:34 AM Posted In , , Edit This 0 Comments »
"Select a particular market sector and assess the past, current and future customer use of the Internet as a medium to select and buy products."Pada artikel ini, saya ingin membahas mengenai BCA, yaitu salah satu pionir bank di Indonesia yang memperkenalkan internet banking. Pada awalnya, orang melakukan transaksi debit,kredit,transfer,pembayaran,dll harus datang ke bank, mengisi formulir, dan antri.

PAST
1980-an
Sejalan dengan deregulasi sektor perbankan di Indonesia, BCA mengembangkan jaringan kantor cabang secara luas. BCA mengembangkan berbagai produk dan layanan maupun penerapan teknologi informasi, seperti menerapkan online system untuk Jaringan Kantor Cabang BCA; meluncurkan Tabungan Hari Depan (Tahapan) BCA, dan lain-lain.


1990-an
BCA mengembangkan alternatif jaringan layanan melalui ATM BCA (Anjungan Tunai Mandiri atau Automated Teller Machine) yang berkembang secara pesat. Pada tahun 1991, BCA mulai menempatkan 50 unit ATM di berbagai tempat di Jakarta. Pengembangan jaringan dan fitur ATM dilakukan secara terus menerus dan intensif. BCA menjalin kerjasama dengan institusi terkemuka, antara lain PT Telkom untuk pembayaran tagihan telepon melalui ATM BCA. BCA juga bekerja sama dengan Citibank agar nasabah BCA pemegang kartu kredit Citibank dapat melakukan pembayaran tagihan melalui ATM BCA.

NOW
2000-an
Pengembangan Bisnis pada periode 2000an membuat BCA membuat terobosan-terobosan baru dalam hal layanannya. Yang saat itu adalah momentum " dot-com bubble" , sehingga BCA semakin ingin maju dan berkembang untuk menjadi bank dengan layanan lebih dari bank yang lain.
Tahun 2001, Bank Sentral Asia (BCA) merupakan Bank Indonesia yang berani mengoperasikan e-Banking secara masif di Indonesia. Yang di amankan dengan enkripsi SSL 128bit dan fasilitas firewall pada situsnya. Situs KlikBCA sendiri relatif sukar di bobol, maka serang lebih banyak di arahkan ke pelanggan BCA. Serangan pembobolan yang sering dilakukan kebanyakan menggunakan teknik social engineering. Tidak mengherankan, KlikBCA belakangan menggunakan teknologi One Time Password (OTP) melalui KeyBCA dalam mengauthentikasi customer yang ingin melakukan transaksi.

0 comments: